TV Online


Powered by tv online

Translate

Google Membangun Pusat Data di Hongkong

Bookmark and Share
Google mulai membangun pusat data di Hong Kong senilai US$ 300 juta. Rencananya pusat data ini akan mulai beroperasi pada awal tahun 2013.

Investasi senilai US$ 300 juta sudah termasuk biaya lahan, peralatan dan konstruksi teknis. Nantinya pusat data Google ini akan mempekerjakan 25 staf penuh waktu.

"Kami bekerja secara cepat, sehingga pusat data ini bisa segera beroperasional," kata Head of Google Hardware Asia, Simon Chang dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Kamis, 8 Desember 2011.

Menurut Chang pusat data ini diperlukan untuk dapat melayani pertumbuhan dan permintaan kapasitas internet yang cepat di wilayah Asia.

Pada September, Google telah memperoleh lahan untuk pembangunan pusat data di tiga negara Asia. Yakni di Jurong Barat Singapura seluas 2,45 hektar. Di Taiwan, Google mengakuisisi lahan 15 hektare di Changhua county. Sedangkan di Hong Kong, Google sudah mempunyai lahan 2,7 hektare di kawasan Kowloon.

Langkah ini menjadikan Google untuk yang pertama kali dan sepenuhnya menempatkan pusat datanya di kawasan Asia-Pasifik. Saat ini Google telah memiliki dan mengoperasikan enam pusat data di Amerika Serikat, serta satu di Finlandia dan satu lagi di Belgia.

Google memutuskan untuk membangun pusat data setelah melihat lalu lintas penggunaan internet yang semakin tinggi di kawasan Asia. Begitu pula dengan meningkatnya pengguna baru di seluruh Asia.

Dikutip dari Tempo

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar